RSS

Day 22

12 Sep

Jam 7 pagi dah siap menuju ke Kantor Imigrasi Manila untuk memperpanjang Visa. Mr. Mark berangkat ke CLSU duluan pulang.. jadi aku sendiri dengan Mrs. Ely.. orang nya udah sepuh juga.. kira kira usia 55 tahunan.

Karena buru-buru sampai gak kepikir uangku kurang untuk membayar perpanjangan visa. Setelah mengisi form perpanjangan visa.. kita ke counter pembayaran.. oh My God.. bayarnya 4,400Peso.. wadoooh.. mampus neh.. gak cukup uang ku. Akhirnya aku cek dompet… ahh.. alhamdulillah masih ada 2 juta lebih, cukup lah pikirku. Karena tidak menerima mata uang asing selain peso,, akhirnya kita pergi ke Money Changer untuk menukar uang rupiah ke peso. 2 juta rupiah aku tukar ke peso.. . Gak kurang ide.. aku pake handphone hitung 2 juta dibagi 250 = 8000.. ah cukup buat bayar visa yang 4.400 itu. Tapi apa lacur.. ?

Orang Money changer menyodorkan hitungan penukaran uangku. What ????????? hanya 6000peso.. lah yg 2000 kemana…

Hmmm akhirnya aku ingat waktu kuliah dulu di ajari dosenku.. intinya adalah kalo kita mau menukar uang kita dengan uang asing maka artinya kita membeli. artinya begini kalo kita menjual rupiah.. berarti kita membeli peso. Maka nilai rupiah kita akan jatuh.. benar..

Dengan 20 lembar ratusan ribu dihargai 300 jadi 20×300 = 6000 peso. Walah… aku hitung hitung rugi 500rb neh.. tp mau gmana lagi.. pasti di t4 laen pun akan sama. Yo wis… jadi. Bungkusssss……

Dengan memegang uang 6000peso hati merasa nyaman.. cukup ada sisa. Nah sampai di counter pembayaran.. kita bayar.. beres.. aman. Tp apa yg petugas bilang ? nanti jam 1 siang baru bisa di ambil paspornya. Wadooh….alamat kemaleman di jalan kalo kembali ke CLSU.

Akhirnya Mrs. Ely mendekati petugas imigrasi dan “pdkt” (pendekatan) ke petugas itu tanpa memberitahukan aku. Beberapa menit setelah itu bilang ke aku, if you want your visa now, you should pay 500peso. Jadi aku harus membayar uang tambahan 500 peso ?? (dalam hati). Alamaakkk.. ternyata ada uang pelicin nya juga toh disini.. wewwww…

Hmmm setelah memperhitungkan untung dah ruginya kalo aku menginap di kantor CLSU Manila toh juga sama uang yang aku keluarkan.. apa boleh buat.. dengan niat mempercepat urusan.. (gatau ini nyogok atau apa.. hihii) akhirnya aku bayar uang pelicin tadi. Betull…. Gak sampe 15 menit perpanjangan visa ku keluar, tertera disitu sampai dengan 10 oktober 2008. Wiss.. wiss.. beres mulih..pulang kampung ke CLSU..

Tidak lupa aku kasih tiket pulangku yang tanggal 12 september ke Mrs. Ely untuk di perpanjang sampai tanggal 25 September.

Sampai di pertengahan jalan Mrs. Ely turun dan aku melanjutkan perjalanan ke terminal namanya Baliwag Transit. Lagi-lagi masalah.. sopir taxi yang aku tumpangi bilang,”plus 50peso Sir”, wewww… ini apa lagiiii ??? FYI, di Philippines kalo kita naek taxi, buka pintu ongkos nya 30 peso, selanjutnya pake argo, sampai ditujuan bayar DITAMBAH 10 peso. Jadi kalo di argo terter 100peso maka kita harus bayar 110 peso. Istilah nya sekali naek ditambah 10peso. Nah yang terjadi pada diriku ini laen.. sopirnya bilang DITAMBAH 50 peso.. Edan.. somprett… Gak kurang akal… aku bilang Plus 20 peso, Sir. Ngeyel dia bilang 40 peso. Walah… daripada ongkol ongkolan aku tawar 30peso OK ? or I get another taxi…!!! Hihii.. gertak tapi masih rugi juga neh.. akhir dia bilang OK OK…

Wah lumayan jauh juga neh terminal.. pantes dia minta plus 50peso. Gapapa yang penting nyampe di terminal. Jam 13.30 bis berangkat… karena capek tertidur…. Kira kira jam 5.30 nyampe di CLSU… cape dehhh…!!!

 
Leave a comment

Posted by on September 12, 2008 in CLSU-OU Philippines

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: