RSS

Instan Mikrotik as Router

15 Jul

routerInstan Mikrotik as Router ini adalah cara “paling guampang dan sangat mudah” mensetting mikrotik sebagai router. Jika kurang/tidak familiar dengan Mikrotik cara ini lah yang perlu anda gunakan. Dengan beberapa kali ketik2 keyboard, pasang ip di laptop/pc, remote web based, klik… dah jadi bisa browsing intenet. Penasaran…?? Lanjutkan…!!! (Bacanya maksudnya… kekekekke), jika belum punya os nya silakan klik di menu sedot alias donlod…

Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut :

1. install mikrotik dolo.. baca di kategori instalasi mikrotik
2. selesai install dari console isikan ip address (ingat harus ada 2 NIC/Lancard Boz..)
isikan ip address ether1 (yang lansung ke internet) dengan cara:
[Tamam@MikroTik] > ip address add address=xxx.xxxx.xxx.xxx/xx interface=ether1
selanjutnya isikan ip address ether2 ( Local/LAN)
[Tamam@MikroTik] > ip address add address=xxx.xxxx.xxx.xxx/xx interface=ether2
3. isikan gateway
[Tamam@MikroTik] > ip route add gateway=xxx.xxx.xxx.xxx
4. isikan dns primer dan sekunder
[Tamam@MikroTik] > ip dns set primary-dns=xxxx.xxxx.xxx.xxx secondary-dns=xxx.xxx.xxx.xxx

catatan: xxx adalah ip ip address yang harus anda masukkan sendiri, karena aku tidak tau ip ip yang anda akan set.

Sampai disini router sudah bisa konnek ke internet. untuk mengecek, silakan di ping masing-masing ip yang anda masukkan. pastikan colok rj45 anda sudah benar di posisi ether1 dan 2, jika belum reply ping gateway dan dns kmungkinan salah posisi kabel. cek ulang.

Selanjutnya siapkan laptop konekkan kabel dan pasang ip nya satu kelas dengan IP LAN, arahkan gateway nya ke ip Ether2, jangan lupa dns. Cek dengan ping ke gateway. jika reply lanjutkan buka browser anda, ketikkan ip gateway (ether2), kemudian login admin tanpa password (karena password belum ada)
makan akan muncul menu web based mikrotik anda, lalu pilih Firewall, kemudian disebelah kanan akan muncul menu, public interface=ether1, centangi semua, protect router, protect customer,NAT, lalu plih Apply. seperti gambar dibawah ini :
instan router

setelah selesai, coba anda ping ke gateway mikrotik, dns.. dan coba browsing… gedubraaaakk… mbah google… welcome… tak gendong kemana2 …kakakkaka…
dah gitu aja… selanjutnya anda bisa menambah konfigurasi yang laen… silakan di oprek sendiri …

 
Leave a comment

Posted by on July 15, 2009 in Tutorial Mikrotik

 

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: